Welcome

Website counter
website hit counter
website hit counters

Friday, July 23, 2010

Fwd: [bangla-vision] Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab (SkripsiCepat)



---------- Forwarded message ----------
From: codingscript <codingscript@gmail.com>
Date: 2010/7/23
Subject: [bangla-vision] Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab (SkripsiCepat)
To: bangla-vision@yahoogroups.com


 



Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab

Tidak dapat disangkal lagi, bahwa bahasa adalah sistem lambang berupa bunyi
yang bersifat sewenang-wenang (arbitrer) yang dipakai oleh anggota-anggota
masyarakat untuk saling berhubungan dan berinteraksi (Sumarsono, 2004: 18).
Bahasa juga berfungsi sebagai alat yang digunakan seseorang untuk
mengemukakan pendapat, pikiran dan perasaannya kepada orang lain. Dengan
bahasa manusia bisa membentuk masyarakat dan peradaban. Andaikata tidak ada
bahasa, maka dia tidak akan dapat melakukan hal tersebut di atas. Atas
dasar inilah maka sangat wajar bila kita mengatakan bahwa semua aktivitas
yang kita lakukan sepanjang hidup kita selalu membutuhkan bahasa.

Kebanyakan orang belajar lebih dari satu bahasa. Seseorang mungkin dapat
mengetahui atau belajar dua bahasa atau lebih dari permulaan hidupnya. Yang
lebih terbiasa ialah bahwa dia belajar bahasa kedua atau bahasa asing
sesudah sistem bahasa pertamanya mantap.

Tidak dapat di sangkal, bahwa seseorang yang mempelajari suatu bahasa asing
akan mendapati kesulitan-kesulitan, yang mana kesulitan-kesulitan ini dapat
diperkecil apabila dia memiliki faktor-faktor pendorong yang sangat kuat
atau dengan kata lain dia memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari
bahasa tersebut.

Oleh karena kajian bahasa tidak cukup dengan mengenali ciri-ciri konstruksi
bahasa, tetapi ia harus lengkap dengan mengenali fungsi dalam kerangka
masyarakat (Hamdani, 2004: 7). Maka seseorang yang ingin mempelajari bahasa
kedua atau bahasa asing di tuntut untuk memiliki keterampilan-keterampilan
berbahasa, yang mana keterampilan ini dapat dia kembangkan dan kuasai
sesuai dengan motivasinya dalam mempelajari bahasa keduanya.

Rajiman membagi keempat keterampilan tersebut di atas kepada keterampilan
menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan
menulis (Tarigan 1986 :1). Keempat aspek tersebut sangat berkaitan dan
tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

Bahasa asing dapat dengan mudah dipelajari bila dibandingkan dengan
mempelajari bahasa dari suatu daerah. Dengan maksud, para pembelajar dapat
mempergunakan empat keterampilan berbahasa dilingkungan penuturnya. Oleh
karena itu, empat keterampilan berbahasa ini dapat dipelajari dan
dipergunakan.

Menyimak dalam proses berbahasa merupakan keterampilan pemula yang harus
dimiliki oleh seseorang yang sedang mempelajari suatu bahasa. Keterampilan
ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan proses-proses berfikir
yang mendasari bahasa. Hal ini dipertegas oleh Dawson sebagaimana yang di
kutip oleh Tarigan bahwa melatih keterampilan berbahasa berarti pula
melatih keterampilan berfikir". (Tarigan, 1986:1)

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang lambat laun mulai
dipelajari oleh para pembelajar di dunia. Di Indonesia pun bahasa ini mulai
dipelajari, terlebih lagi bahwa mayoritas masyarakatnya beragama Islam,
yang mana mereka memiliki kitab Al-Qur'an yang diturunkan dengan bahasa
Arab.

Salah satu perbedaan bahasa Arab dengan bahasa lainnya yaitu bahwa bahasa
ini memiliki banyak kata-kata ambigu, dan tidak jarang satu kata mempunyai
dua atau tiga arti yang berlawanan. Tapi, dalam saat yang sama seseorang
dapat menemukan kata yang tidak mengandung kecuali satu makna yang pasti
saja. (Shihab, 2001: 98)

Bagi pembelajar Indonesia, menyimak bukanlah suatu hal yang dapat di anggap
mudah. Hal ini dikarenakan dalam setiap harinya kesempatan untuk menyimak
bahasa Arab sangatlah sedikit. Dan bagi pembelajar bahasa Arab, masalah
yang dihadapi pada saat mempelajari Istima' biasanya adalah suara,
kosakata, struktur kalimat dan sebagainya.

Selain kesulitan dalam hal berbahasa, banyak kesulitan lain yang muncul
dalam mempelajari Istima'. Kesulitan ini dapat berupa permasalahan yang
berasal dari diri pribadinya (instrinsik) dan dari lingkungan (ekstrinsik),
kesulitan lainnya pun dapat disebabkan dari hal-hal yang menghambat pada
Proses Belajar Mengajar (PBM), seperti kurangnya fasilitas pendukung
kelancaran PBM, terlampau banyaknya jumlah mahasiswa dalam satu kelas,
kurangnya motivasi, ketidakhadiran dosen dan sebagainya.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka penulis ingin mengadakan penelitian
seputar kesulitan mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini berangkat dari
pengalaman penulis yang kerap kali mendapatkan kesulitan dalam mempelajari
bahasa Arab dalam mata kuliah Istima'. Dengan alasan inilah, maka
peneliti memberi judul penelitian: Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab
Pada Mata Kuliah Istima' I (Studi Analisis Deskriptif Terhadap Mahasiswa
Program Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2004/2005)

Sumber :
http://www.skripsicepat.com/analisis-kesulitan-belajar-bahasa-arab/

---
Kumpulan Skripsi Terbaru dan Terlengkap di Indonesia
http://www.skripsicepat.com
Powered by Indraphpx

__._,_.___

--
Palash Biswas
Pl Read:
http://nandigramunited-banga.blogspot.com/

No comments:

मैं नास्तिक क्यों हूं# Necessity of Atheism#!Genetics Bharat Teertha

হে মোর চিত্ত, Prey for Humanity!

मनुस्मृति नस्ली राजकाज राजनीति में OBC Trump Card और जयभीम कामरेड

Gorkhaland again?আত্মঘাতী বাঙালি আবার বিভাজন বিপর্যয়ের মুখোমুখি!

हिंदुत्व की राजनीति का मुकाबला हिंदुत्व की राजनीति से नहीं किया जा सकता।

In conversation with Palash Biswas

Palash Biswas On Unique Identity No1.mpg

Save the Universities!

RSS might replace Gandhi with Ambedkar on currency notes!

जैसे जर्मनी में सिर्फ हिटलर को बोलने की आजादी थी,आज सिर्फ मंकी बातों की आजादी है।

#BEEFGATEঅন্ধকার বৃত্তান্তঃ হত্যার রাজনীতি

अलविदा पत्रकारिता,अब कोई प्रतिक्रिया नहीं! पलाश विश्वास

ভালোবাসার মুখ,প্রতিবাদের মুখ মন্দাক্রান্তার পাশে আছি,যে মেয়েটি আজও লিখতে পারছেঃ আমাক ধর্ষণ করবে?

Palash Biswas on BAMCEF UNIFICATION!

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS ON NEPALI SENTIMENT, GORKHALAND, KUMAON AND GARHWAL ETC.and BAMCEF UNIFICATION! Published on Mar 19, 2013 The Himalayan Voice Cambridge, Massachusetts United States of America

BAMCEF UNIFICATION CONFERENCE 7

Published on 10 Mar 2013 ALL INDIA BAMCEF UNIFICATION CONFERENCE HELD AT Dr.B. R. AMBEDKAR BHAVAN,DADAR,MUMBAI ON 2ND AND 3RD MARCH 2013. Mr.PALASH BISWAS (JOURNALIST -KOLKATA) DELIVERING HER SPEECH. http://www.youtube.com/watch?v=oLL-n6MrcoM http://youtu.be/oLL-n6MrcoM

Imminent Massive earthquake in the Himalayas

Palash Biswas on Citizenship Amendment Act

Mr. PALASH BISWAS DELIVERING SPEECH AT BAMCEF PROGRAM AT NAGPUR ON 17 & 18 SEPTEMBER 2003 Sub:- CITIZENSHIP AMENDMENT ACT 2003 http://youtu.be/zGDfsLzxTXo

Tweet Please

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS BLASTS INDIANS THAT CLAIM BUDDHA WAS BORN IN INDIA

THE HIMALAYAN TALK: INDIAN GOVERNMENT FOOD SECURITY PROGRAM RISKIER

http://youtu.be/NrcmNEjaN8c The government of India has announced food security program ahead of elections in 2014. We discussed the issue with Palash Biswas in Kolkata today. http://youtu.be/NrcmNEjaN8c Ahead of Elections, India's Cabinet Approves Food Security Program ______________________________________________________ By JIM YARDLEY http://india.blogs.nytimes.com/2013/07/04/indias-cabinet-passes-food-security-law/

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS TALKS AGAINST CASTEIST HEGEMONY IN SOUTH ASIA

THE HIMALAYAN VOICE: PALASH BISWAS DISCUSSES RAM MANDIR

Published on 10 Apr 2013 Palash Biswas spoke to us from Kolkota and shared his views on Visho Hindu Parashid's programme from tomorrow ( April 11, 2013) to build Ram Mandir in disputed Ayodhya. http://www.youtube.com/watch?v=77cZuBunAGk

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS LASHES OUT KATHMANDU INT'L 'MULVASI' CONFERENCE

अहिले भर्खर कोलकता भारतमा हामीले पलाश विश्वाससंग काठमाडौँमा आज भै रहेको अन्तर्राष्ट्रिय मूलवासी सम्मेलनको बारेमा कुराकानी गर्यौ । उहाले भन्नु भयो सो सम्मेलन 'नेपालको आदिवासी जनजातिहरुको आन्दोलनलाई कम्जोर बनाउने षडयन्त्र हो।' http://youtu.be/j8GXlmSBbbk

THE HIMALAYAN DISASTER: TRANSNATIONAL DISASTER MANAGEMENT MECHANISM A MUST

We talked with Palash Biswas, an editor for Indian Express in Kolkata today also. He urged that there must a transnational disaster management mechanism to avert such scale disaster in the Himalayas. http://youtu.be/7IzWUpRECJM

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS CRITICAL OF BAMCEF LEADERSHIP

[Palash Biswas, one of the BAMCEF leaders and editors for Indian Express spoke to us from Kolkata today and criticized BAMCEF leadership in New Delhi, which according to him, is messing up with Nepalese indigenous peoples also. He also flayed MP Jay Narayan Prasad Nishad, who recently offered a Puja in his New Delhi home for Narendra Modi's victory in 2014.]

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS CRITICIZES GOVT FOR WORLD`S BIGGEST BLACK OUT

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS CRITICIZES GOVT FOR WORLD`S BIGGEST BLACK OUT

THE HIMALAYAN TALK: PALSH BISWAS FLAYS SOUTH ASIAN GOVERNM

Palash Biswas, lashed out those 1% people in the government in New Delhi for failure of delivery and creating hosts of problems everywhere in South Asia. http://youtu.be/lD2_V7CB2Is

THE HIMALAYAN TALK: PALASH BISWAS LASHES OUT KATHMANDU INT'L 'MULVASI' CONFERENCE

अहिले भर्खर कोलकता भारतमा हामीले पलाश विश्वाससंग काठमाडौँमा आज भै रहेको अन्तर्राष्ट्रिय मूलवासी सम्मेलनको बारेमा कुराकानी गर्यौ । उहाले भन्नु भयो सो सम्मेलन 'नेपालको आदिवासी जनजातिहरुको आन्दोलनलाई कम्जोर बनाउने षडयन्त्र हो।' http://youtu.be/j8GXlmSBbbk